Senin, 15 Mei 2017

Perkembangan Model Atom



a.     Model Atom Dalton
            Digagaskan pada tahun 1808 oleh John Dalton. Teori atom Dalton sebagai berikut :
1.         Materi terdiri atas partikel-partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi disebut atom dan idgambarkan sebagaibloa pejal yang sangat kecil.
2.         Atom satu unsur sama dalam segala hal, tetapi berbeda dari atom unsur lain.
3.         Atom dapat bergabung satu sama lain secara kimia membentuk molekul dengan perbandingan sederhana.
4.         Molekul terbentuk dari penggabungan atom beberapa unsur.
5.         Atom suatu unsur adalah permanen, tidak dapat diuraikan, tidak dapat diciptakan, dan tidak dapat dimusnahkan.
            Teori atom Dalton didukung oeh dua hukum alam, yaitu hukum kekekalan  massa (hukum  lavoisier) dan hukum perbandingan tetap (hukum proust).

b.     Model Atom Thomson
            Thomson mengemukakan bahwadalam atom terdapat electron-elektron yang tersebar secara merata dalam bola bermuatan positif. Keadaan ini seperti roti kismis.

c.      Model Atom Rutherford
            Teori atom rutherford menggambarkan atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan berada padapusat atom, serta electron bergerakmelintasi inti seperti halnya planet-planet mengitari matahari.

d.     Teori Atom Niels Bohr
1.         Atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan di sekitarnya beredar elektron-elektron yang bermuatan negative.
2.         Dalam atom, electron beredar mengeilingi inti atom pada lintasan (orbit) tertentu yang dikenal sebagai keadaan gerakan yang stasioner (tetap) dengan tingkat energy yang dinyatakan dengan n (n = bilangan bulat positif).
3.         Sepanjang elektron berada dalam lintasan stasioner  energy akan konstan, sehingga tidak ada cahaya yang dipancarkan maupun diserap.
4.         Electron hanya dapat berpindah dari lintasan yang ebih rendah ke lintasan yang ebih tinggi jikka menyerap energy. Sebaliknya, jika electron berpindah dari lintasan yang tinggi ke lintasan rendah terjadi pembebasan energy.
            Kelemahan teori ini yaitu hanya dapat menerangkan sprektum dari atom atau ion yang mengandung satu electron namun tiak sesuai dengan sprektum atom atau ion berelektron banyak.

e.      Teori Atom Mekanika Kuantum
            Diawali hipotesis sifat dualisme electron oleh Louiss de Broglie, lalu ketidakpastian Heisenberg. Dan akhirnya pada tahun 1926 Erwin Schrodinger memperkenalakan teori model atom dengan menggunakan persamaan gelombang yang disebut model atom modern atau teori atom mekanika kukantum
            menurut model atom  modern, elekton-elektron dalam atom mengelilingi inti atom pada tingkat energy tertentu. Suatu kulit terdiri atas suatu kumpulan dari dari satu orbital atau  lebih. Orbital adalah daerah dengan peluang terbesar untuk menemukan electron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar